Header Ads

Inilah Beberapa Penyebab Utama Terjadinya Kebakaran di Rumah

Kebakaran selalu menjadi suatu insiden yang tak bisa diprediksi, bisa menyebar dengan cepat, dan dapat membumihanguskan bangunan dalam hitungan menit datau bahkan detik. Terlebih jika kebakaran ini terjadi di rumah Anda, di mana rumah seharusnya menjadi tempat Anda dan keluarga berlindung dari marabahaya dan bukannya malah celaka. Kebakaran rumah bisa sangat membahayakan banyak orang, dari mulai kerugian property sampai yang paling parah, kehilangan nyawa. 

Karena bencana yang sewaktu-waktu bisa datang ini, beberapa orang mengasuransikan berbagai properti yang dimilikinya, termasuk rumah. Asuransi rumah sangat bermanfaat untuk mengurangi kerugian finansial yang Anda derita apabila musibah kebakaran terjadi di rumah Anda. 

Namun apakah dengan memiliki asuransi untuk rumah, Anda boleh melalaikan upaya pencegahan terjadinya bencana? Tentu tidak. Tak peduli betapa besarnya asuransi yang akan dicover pihak asuransi, akan lebih baik untuk melakukan beberapa upaya pencegahan dengan mengetahui sumber-sumber utama yang dapat menyebabkan percikan api. 

1. Peralatan memasak
Api yang disebabkan oleh peralatan-peeralatan yang digunakan untuk memasak terutama kompor gas adalah salah satu penyebab kebakaran rumah yang paling umum. Lemak, minyak dan cairan lain yang mungkin tumpah atau ada di sekitar area dapur bisa menjadi penyebab api dapat merambat dengan mudahnya ke area-area lainnya di dalam rumah. Beberapa kebakaran yang berawal dari dapur disebabkan oleh kelalaian manusia, yaitu dengan meninggalkan kompor menyala tanpa pengawasan. Selain itu, kebakaran juga bisa terjadi karena ledakan tabung gas, dan hal ini bisa disebabkan oleh rusaknya regulator atau mungkin rusaknya perangkat kompor gas. Untuk itu, segera servis kompor gas Anda jika Anda merasa ada yang tidak beres dengan kompor Anda di rumah.

2. Rokok
Banyak orang yang menyadari bahwa rokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan pernapasan penghirup maupun orang-orang di sekitarnya, namun tidak banyak yang waspada akan bahaya lain yang juga mungkin ditimbulkannya seperti bahaya kebakaran. Berhati-hatilah jika Anda merokok di dalam rumah, dan jangan pernah untuk sesekali merokok di atas tempat tidur. Kebakaran besar bisa saja disebabkan oleh hanya satu percikan bara dari abu rokok yang Anda hirup. Merokoklah di luar ruangan, dan kalau memungkinkan, tenggelamkan puntung rokok Anda ke dalam genangan air.

3. Lilin
Ketika terjadi pemadaman lampu, menyalakan lilin sudah menjadi kebiasaan setiap orang, namun barang yang satu inilah yang juga dapat menjadi penyebab kebakaran di rumah Anda. Beberapa orang bahkan menggunakan lilin dengan tujuan sebagai aromaterapi. Untuk apapun sebuah lilin dinyalakan, ketahui betul bahwa Anda berurusan dengan api yang mungkin membahayakan diri jika Anda tak mawas diri. 

Pemantik atau korek yang Anda gunakan untuk menyalakan lilin juga ternyata sama bahayanya jika Anda menempatkannya di area yang mudah dijangkau anak-anak. Untuk itu, selalu simpan pemantik api di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak dan meninggalkan lilin yang menyala dalam rumah tanpa pengawasan.

4. Listrik
Api yang disebabkan oleh listrik di rumah bisa saja disebabkan oleh rangkaian yang kurang sempurna, kurang terawatt, atau menggunaan peralatan listrik yang terlalu banyak pada satu sumber listrik (stopkontak). Api juga bisa terjadi ketika Anda mencolokkan steker dengan kabel yang sudah rusak atau terkelupas ke dalam stopkontak, atau ketika Anda tidak sengaja menumpahkan air ke sekitar stopkontak dan kabel yang rusak tersebut. Untuk itu, selalu periksa keadaan kabel-kabel di rumah Anda dan segera panggil tenaga professional untuk segera memperbaiki rangkaian listrik di rumah Anda. 

Pemeriksaan rutin sangat perlu Anda lakukan untuk memastikan barang-barang dan peralatan yang mudah terbakar telah disimpan dengan semestinya. Selalu ingat bahwa dengan satu kesalahan kecil, rumah Anda bisa menjadi taruhannya. 

Tidak ada komentar: