Fenomena Alam Salju Abadi di Gunung Jayawijaya

Gunung Jayawijaya merupakan salah satu dari tujuh puncak tertinggi dunia (seven summit), ketinggiannya mencapai 4884 m di atas permukaan laut. Puncak Jaya diselimuti oleh salju dan suhunya sangat dingin serta minim oksigen. 
Salju Abadi di Gunung Jayawijaya. (foto: 
Puncak Jaya juga salah satu puncak gunung bersalju yang terdapat di perlintasan garis khatulistiwa. Kandungan Es di Pegunungan Jayawijaya diperkirakan mencapai 5% dari cadangan Es Dunia yang berada di luar Benua Antartika.

Luas salju abadinya sekitar 5800 hektar. Namun salju abadi yang ada di Pegunungan itu diprediksi akan mengalami penyusutan dari tahun ke tahun akibat pemanasan global. Jika dilihat dari tipe gletser (aliran lumeran salju) kawasan bersalju Gunung Jayawijaya adalah tipe Alpine Glaciation. Oleh karenanya dimungkinkan terdapat aliran sungai es di daerah tersebut.

Penemu puncak tersebut dadalah Jan Carstensz yang merupakan penjelajah asal Belanda. Oleh karena itu Puncaknya dinamakan juga Puncak Carstensz. Puncak yang tertutup salju itu pertama kali didaki olehnya pada tahun 1623. Dan pendaki setelah dia baru bisa sampai pada tahun 1963.


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar