Cara Mencetak Desain T-shirt Printing Menggunakan Kertas Transfer

Percetakan desain t-shirt printing adalah proses yang tidak mudah. Tapi tidak begitu sulit jika Anda memiliki beberapa latihan. Transfer printing adalah pilihan yang baik untuk proyek satu kali pengerjaan. Sablon membutuhkan pasokan lebih khusus tetapi memungkinkan Anda untuk mencetak banyak kemeja dari satu gambar. Ini adalah pilihan cepat untuk satu  pencetakan dan lebih instan daripada besi cetakan.
foto: andalasclothig.co.id
Metode Mencetak pada Kertas Transfer
Membeli kertas transfer dapat ditemukan di mana saja. Anda dapat membeli kertas stasioner atau printer. Ada dua jenis kertas transfer, salah satunya sangat cocok untuk kemeja putih atau pastel, dan satunya lagi cocok untuk semua warna gelap. Sebagian kertas transfer mempunyai ukuran yang sama seperti kertas printer biasa (ukuran Letter atau A4). Sebelum membeli ukuran kertas printer pastikan harus disesuaikan dengan printernya.
1. Kertas transfer cahaya digunakan untuk kemeja terang atau putih!
2. Kertas transfer gelap digunakan untuk setiap kemeja yang lebih gelap.

Anda dapat menggunakan gambar yang disimpan pada komputer . Jadi anda harus memiliki gambar dalam bentuk fisik, scan dan simpan ke komputer sebagai file jpeg. Atau, mengambil foto dan transfer ke komputer Anda. Ambil  gambar untuk kemeja berwarna terang. Karena kertas transfer untuk kertas berwarna terang menciptakan cermin di baju Anda.
Baca: Gunung Kelud: Gunung Paling Berbahaya di Indonesia
Atur pilihan di jendela cetak, atau edit  gambar di MS Paint atau program editing gambar lain. Jika Anda melewatkan langkah ini, semua teks dalam desain Anda akan terbaca. Jangan membalikkan gambar jika Anda menggunakan kertas transfer untuk kemeja gelap. Jenis kertas transfer gambar persis seperti yang muncul.

Jika Anda tidak yakin akan pengaturan sebaiknya mencetak potongan uji di atas kertas biasa. 

Sebelum mencetak, periksa pratinjau untuk mengkonfirmasi bahwa gambar sudah cocok ke ukuran kertas yang telah di siapkan. Jika terlalu besar, maka pilihlah ukuran yang cocok untuk skala dalam pilihan cetak, atau skala itu turun dalam program editing gambar.

Ketika mencetak dengan kertas transfer Anda perlu jenis printer Inkjet. Jika kedua sisi kertas transfer Anda terlihat berbeda, maka cetaklah ke sisi yang kosong. Satu sisi mungkin memiliki logo, desain, atau indikator termal di atasnya. Beralih ke "mode landscape" jika gambar lebih luas daripada tingginya maka potonglah gambar tersebut. Kertas transfer akan menyisakan gambar yang akan muncul sebagai film tipis di baju. Untuk membuat gambar lebih bagus maka potonglah gambar menggunakan penggaris dan pisau Exacto.

Permukaan datar dengan sarung bantal katun akan memperbaiki kualitas gambar. Letakkan sarung bantal katun di atas permukaan ini untuk lay out T-shirt yang akan dicetak. Kebanyakan papan setrika tidak cocok, karena batang logam atau kisi-kisi di permukaan. Gunakan permukaan yang dapat menahan panas. Jangan mencoba besi diatas meja laminasi.

Periksa petunjuk yang disertakan kertas transfer untuk mengetahui pengaturan terbaik untuk produk Anda. Jika tidak ada saran terdaftar, pilih "kapas" atau pengaturan suhu tinggi, pilih "kering" atau mematikan uap. mengosongkan semua air keluar dari besi dan biarkan beberapa menit untuk pemanasan. Untuk hasil terbaik, gunakan besi dengan setidaknya 1200 watt.

Tempatkan kemeja diatas sarung bantal.
Cuci dan keringkan T-shirt pertama jika diperlukan.
Tempatkan kertas ke kemeja jika menggunakan kertas transfer untuk kemeja ringan, tempatkan permukaan gambar dibawah. Jika menggunakan kertas transfer untuk kemeja gelap, tempatkan permukaan gambar telentang. Lalu atur ke tengah gambar dengan pusat garis leher T-shirt Anda. Letakkan gambar menghadap ke bawah untuk memungkinkan gambar yang akan ditransfer jadi bukan gambar cermin yang di transfer ke baju Anda.

Tekan besi diatas t-shirt printing, lalu dorong ke bawah dengan seluruh tangan untuk membuat tekanan yang signifikan. Tekan besi 30 detik atau beberapa jika di perlukan, sesuai dengan petunjuk yang ada dikertas transfer spesifik Anda. Terus gerakkan besi dan pastikan untuk menyalurkan panas ke setiap bagian kertas. Beberapa jenis kertas transfer memiliki indikator thermal yang akan berubah warna ketika daerah ini cukup panas.
Kunjungi: www.lenaliuart.com
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar